Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
Penanganan Kesalahan
Hampir tidak ada sistem
yang berjalan sempurna sebelum melewati berbagai rentetan kesalahan (error).
Semakin besar sistem yang dibuat, semakin banyak kesalahan yang dapat
timbul. Tujuan software user interface yaitu :
- Meminimalkan kesalahan
user.
o Interaksi melalui menu
lebih dapat menghindarkan user dari kesalahan daripada menggunakan perintah
baris.
- Compaq pernah
mempertimbangkan untuk mengubah “Press Any Key” menjadi “Press Enter Key”
dikarenakan banyak telpon yang menanyakan letak tombol “Any” di keyboard.
- Cara mengurangi kesalahan
user, misal: seleksi user yang tepat, pelatihan yang memadai, desain peralatan,
prosedur dan lingkungan.
- Menyediakan kemudahan
recovery dari kesalahan.
Tipe dari kesalahan user adalah :
- Perceptual error
·
Gagal menangkap informasi
·
Gagal menangkap perhatian pengguna
·
Contoh : 8/B, Z/2, I/1
- Cognitive error
·
Ketiadaan bantuan
·
Inkonsistensi
·
Ketiadaan status informasi
·
Kemampuan yang kurang
o Contoh : argumen yang
tidak konsisten pada pada sintak command language
- Motorik error
·
Lemahnya koordinasi tangan dan mata
·
Tekanan kecepatan
·
Memerlukan kemampuan yang tinggi pada
koordinasi tangan dan mata
·
Memerlukan jenis keahlian lainnya
o Contoh : Click mouse :
single atau double, mengetik dengan cepat membuat banyak kesalahan
- Petunjuk pencegahan dan
memperbaiki kesalahan yaitu :
·
Validasi masukan, misalnya jika pengguna
harus memasukkan bilangan positif, sementara ia memasukkan data negatif atau
nol, maka harus ada mekanisme untuk mengulang pemasukan data tersebut.
·
Proteksi pengguna, program memberi
peringatan ketika pengguna melakukan suatu tindakan secara tidak sengaja,
misalnya penghapusan berkas.
·
Pemulihan dari kesalahan, tersedianya
mekanisme untuk membatalkan tindakan yang baru saja dilakukan dengan
menyediakan fungsi “undo”.
·
Penampilan pesan salah yang tepat dan
sesuai dengan kesalahan yang terjadi pada waktu itu.
·
Kenali jenis bug, bug yang timbul pada
sebuah aplikasi memiliki karateristik, karena itu selalu baca dan perhatikan
baik-baik pesan kesalahan yang timbul.
·
Mengembalikan kursor ke area kesalahan,
memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
·
Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi
yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.
Help Dan Dokumentasi
Rancangan sistem yang
baik adalah rancangan di mana pengguna dapat langsung menggunakan sistem dengan
mudah tanpa pelatihan dan program bantuan sama sekali. Tetapi sangat lebih
membantu pengguna bila program bantuan (help) tetap disediakan ke dalam sistem.
Sistem dukungan pengguna dapat berupa sistem bantuan (Help) dan dokumentasi.
Perbedaan sistem bantuan (help) dan dokumentasi adalah bahwa sistem bantuan
berorientasi terhadap masalah khusus, sedangkan dokumentasi berorientasi kepada
sistem dan sifatnya umum. Sifat-sifat help dan dokumentasi yaitu :
·
Availability. User dapat menggunakan
bantuan pada setiap waktu selama berinteraksi dengan sistem. User tidak perlu
keluar dari aplikasi selama bekerja untuk membuka aplikasi bantuan.
·
Accuracy dan completeness. Bantuan ini
seharusnya tersedia secara lengkap dan akurat.
·
Consistency. Konsisten pada sistem
yang ada, antara jenis online dan jenis tercetak, juga konsisten dari sisi
content, terminologi dan bentuk presentasi.
·
Robustness. Biasanya digunakan oleh
orang yang sedang dalam kesulitan karena sistem mempunyai perilaku yang tidak
diharapkan atau mempunyai kesalahan.
·
Flexibility. Flexibility membantu
setiap user berinteraksi sesuai dengan keinginannya.
·
Unobtrusiveness. Seharusnya tidak mencegah
user dalam melanjutkan pekerjaannya atau terpengaruh dengan aplikasi user.
Untuk menghindari ini digunakan presentasi pada layar yang terpisah.
a. Kesalahan Leksikal
Misalnya kesalahan
mengeja keyword,
contoh: then ditulis
ten
b. Kesalahan Sintaks
Misalnya pada operasi
aritmatika kekurangan jumlah paranthesis (kurung).
contoh : A:=X+(B*(C+D)
contoh : A:=X+(B*(C+D)
c. Kesalahan Semantik
Tipe data yang salah,
misal tipe data integer digunakan untuk variabel string.
Contoh : Var Siswa : Integer
Contoh : Var Siswa : Integer
Siswa := 'Aka‘ {tipe
string}
Variabel belum
didefinisikan tetapi digunakan dalam operasi.
Contoh : B := B + 1
{B belum didefinisikan}
Tipe-tipe Slip dalam Sistem
-
Kesalahan Capture
Adalah
kesalahan karena terlalu sering atau sudah kebiasaan.
-
Kesalahan Deskripsi
Adalah
kesalahan dalam melakukan aksi pada objek yang salah. Contoh : klik ‘X’
untuk menutup editor, tetapi yang di klik adalah ‘X’ aplikasi. Otomatis
aplikasi akan close.
-
Kesalahan Data Driven
Adalah
kesalahan karena pengaruh data dari area edit. Contoh : menulis nama file
dengan sesuatu yang terbaca di sekitar windows, atau menulis nama file dengan
menulis nama yang sama yang sudah ada didalam disk atau tempat penyimpanan.
-
Pengaktifan Asosiatif
Adalah
kesalahan karena pengaruh data yang ada di dalam pikiran user saatitu. Contoh :
mirip dengan Kesalahan Data Driven, tetapi ini berkaitan dengan sesuatu yang
ada di pikiransi - user pada saat itu.
-
Hilangnya Pengaktifan
Adalah
kesalahan karena lupa apa yang seharusnya dilakukan. Contoh : user lupa mau
mengetikan apa yang mau dia ketik.
-
Kesalahan Mode
Adalah
kesalahan akibat lupa ada di dunia mana. Contoh : mengetikan suatu perintah
padahal dia sedang berad apa dapengeditan teks.
Petunjuk Pencegahan Kesalahan
-
Menghapus mode-mode atau menyediakan
petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
-
Menggunakan teknik koding yang baik,
misalnya dengan menggunakan petunjuk warna atau gaya pada kesalahan koding
tersebut.
-
Memaksimalkan pengenalan dan mengurangi
hafalan - hafalan yang membuat sipengguna menjadi stress berfikir kalau terjadi
kesalahan.
-
Merancang urutan gerak atau perintah yang
tidak sama.
-
Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
-
Uji dan memantau kesalahan – kesalahan dan
memperbaikinya.
-
Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi
yang dilakukan oleh user, misal : user tak sengaja menghapus file yang
menyebabkan file terhapus.
Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
-
Menyediakan tipe – tipe tanggapan yang
sesuai, menggunakan nada positif, jangan memarahi user, dan menggunakan tata
bahasa atau istilah - istilah yang baik.
-
Query: bertanya pada user apa yang sudah
dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
-
Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan
dari proses yang sedang berjalan.
-
Meminta konfirmasi untuk perintah yang
drastic dan bersifat merusak.
-
Menyediakan pengecekan yang beralasan pada
masukan data.
-
Mengembalikan kursorke area kesalahan,
memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
-
Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
-
Menyediakan akses cepat kepada bantua
nuntuk konteks – sensitif
Jenis - jenis Bantuan
-
Tutorial
Khusus
untuk user baru yang menyediakan perintah secara step by step.
-
Review/Referensi yang cepat
Digunakan
sebagai pengingat untuk user dari suatu yang detail yang secara dasar sangat
familiar dan biasa digunakan.
-
Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
Suatu
alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami secara lengkap.
-
Bantuan untuk context - sensitive
(spesifikasi tugas)
-
Knowledge Representation
-
Knowledge : User Modelling
·
Quantification. Model yang sederhana
dari user modelling yang menggunakan jumlah tingkatan dari keahlian yang akan
merespon kearah yang berbeda.
·
Stereotypes. Berbasiskan pada
karakteristik user dan kemungkinan sederhana, seperti membuat perbedaan antara
user baru dan user yang ahli atau yang lebih kompleks, seperti membuat
stereotype yang berbasiskan pada lebih dari satu informasi.
·
Overlay Models. Merupakan model yang
ideal yang membandingkan perilaku user. Hasilnya ditampilkan dalam dua model
atau perbedaan. Keuntungan dari model ini dapat melihat secara pasti bagian
dari aktifitas suatu sistem. Pendekatan yang sama digunakan pada error bases
model dimana sistem menyimpan rekaman kesalahan dan perilaku sebenarnya dari
user serta membandingkannya.
-
Knowledge Representation: Domain dan Task
Modelling
Pendekatan
yang umum dari masalah ini adalah untuk mewakili tugas user dari urutan
perintah yang tersedia untuk mengeksekusinya. Sebagaimana pada tugas user,
command digunakan untuk membandingkan urutan tugas yang telah disimpan dan
mencocokkan dengan urutan tepat. Jika urutan command user tidak cocok,
maka dibutuhkan bantuan. Pendekatan ini digunakan pada sistem PRIAM.
-
Knowledge Representation: Modelling
Advisory Strategy
-
Sistem ini kadang disebut dengan
intelligent help yang membuat modelling advisory atau strategi
tutorial. Pada sistem ini tidak hanya membolehkan memilih nasehat yang
cocok untuk user, tetapi juga menggunakan metode yang cocok.
-
Teknik Untuk Knowledge Representation
-
Terdapat empat grup utama dari teknik yang
digunakan dalam knowledge representation untuk intelligent help system:
·
Rule Based Techniques. Pengetahuan
digunakan untuk mengetahui sekumpulan aturan dan kenyataan. Teknik ini
digunakan untuk domain yang relatif besar dan dapat mewakili kegiatan yang
menampilkan pengetahuan.
·
Frame Based Techniques. Digunakan
untuk mewakili situasi yang umum terjadi. Frame merupakan suatu struktur yang
berisi slot yang diberi label yang memiliki ciri yang berhubungan.
·
Network Based Techniques. Mewakili
pengetahuan tentang user dan sistem yang merupakan hubungan antara kenyataan,
contoh yang paling umum adalah semantic network. Network merupakan suatu
hirarki dan child dapat berhubungan dengan parent-nya.
·
Examples Based Techniques. Mewakili
pengetahuan yang secara implisit dengan struktur keputusan dari suatu
klasifikasi sistem.
-
Masalah dengan Knowledge Representation dan
Modelling
·
Pengetahuan mewakili suatu issue pusat
dalam intelligent help system, tetapi tidak tanpa masalah itu sendiri,
pengetahuan kadang sulit didapatkan, terutama jika ada domain expert yang tidak
tersedia.
·
Menginterpretasikan informasi yang cocok.
·
Inisiatif, haruskan user mempertahankan
pengawasan yang lengkap terhadap sistem,
haruskah sistem langsung
berinteraksi atau haruskah mendukung penggabungan dialog?
·
Effect, para perancang seharusnya
memperhatikan efek dari modelling dan adaptasi.
·
Scope, para perancang perlu memperhatikan
scope dari bantuan dimana digunakan pada level aplikasi atau sistem yang luas.
-
Merancang Help Dan Dokumentasi
-
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
merancang help dan dokumentasi yaitu :
·
Perancangan seharusnya tidak seperti
“add-on” pada sistem. Secara ideal seharusnya merupakan bagian integral dalam
sistem.
·
Perancangan harus memperhatikan isi dari
bantuan dan konteks sebelum teknologi tersedia.
-
Isu presentasi dalam help dan dokumentasi
yaitu :
·
Bagaimana help dan dokumentasi
dipanggil? Pilihan pertama bagi perancang untuk membuat bagaimana bantuan
dapat diakses oleh user. Bantuan ini dapat berupa command, tombol fungsi yang
dapat memilih on atau off atau aplikasi yang terpisah.
·
Bagaimana help dan dokumentasi
ditampilkan? Dalam sistem window akan ditampilkan dalam window yang baru.
Dalam sistem lain mungkin dalam layar yang penuh atau bagian dari layar.
Alternatif lain dapat berbentuk pop-up box atau tingkat command line.
·
Bagaimana help dan dokumentasi memiliki
keefektifan? Tidak menjadi masalah teknologi apa yang digunakan untuk
membuat help dan dokumentasi, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu prinsip
keefektifan.
-
Masalah yang ada dalam implementasi yaitu :
·
Para perancang harus membuat keputusan
untuk implementasi berupa secara fisik maupun pilihan yang tersedia untuk user.
Keputusan ini sudah termasuk dalam pernyataan command operating system, apakah
berbentuk meta- command atau aplikasi. Hambatan fisik berupa screen space,
kapasitas memori dan kecepatan.
·
Masalah lain adalah bagaimana struktur data
bantuan: apakah berbentuk single file, hierarchy file atau database.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
merancang help dan dokumentasi yaitu :
·
Perancangan seharusnya
tidak seperti “add- on” pada sistem. Secara ideal seharusnya
merupakan bagian integral dalam sistem.
·
Perancangan harus memperhatikan isi dari
bantuan dan konteks sebelum teknologi tersedia.
Isu presentasi dalam Help
dan Dokumentasi serta Masalah yang muncul saat Implementasi
·
Bagaimana help dan dokumentasi dipanggil?
Pilihan pertama bagi perancang untuk membuat
bagaimana bantuan dapat diakses oleh user. Bantuan ini dapat berupa command, tombol
fungsi yang dapat memilih on atau off atau aplikasi yang terpisah.
·
Bagaimana help dan dokumentasi ditampilkan?
Dalam sistem window akan ditampilkan
dalam window yang baru. Dalam sistem lain mungkin dalam layar yang penuh atau bagian
dari layar. Alternatif lain dapat berbentuk pop-up box atau tingkat command
line.
·
Bagaimana help dan dokumentasi memiliki keefektifan?
Tidak menjadi masalah teknologi
apa yang digunakan untuk membuat help dan dokumentasi, tetapi yang perlu diperhatikan
yaitu prinsip keefektifan.
Tipe dari Dokumen dan Help serta Pengaturan
Dokumen
Jenis Help Dan Dokumentasi
Jenis help dan dokumentasi dibedakan
menjadi 2 bagian yaitu :
-
Paper-based (tercetak)
·
Keunggulan menggunakan paper-based yaitu:
·
Pengguna dapat menggunakannya di luar masa
pengerjaan tugas
·
Pengguna dapat menuliskan catatan tertentu
yang diperoleh saat menjalankan sistem.
·
Kekurangannya yaitu :
·
Agak sulit mendeskripsikan sesuatu yang
bergerak
·
Sulit menyesuaikan antara sesuatu yang
dibaca dengan kenyataan sebenarnya di dalam sistem
·
Pengguna akan kesulitan membaca saat
menjalankan sistem, karena kurang praktis
-
Computer-based
·
Jenis computer-based yaitu :
·
Command assistance. Ditemui pada
sistem DOS dan UNIX. Pengguna dapat menggunakan bantuan dengan mengetikkan
parameter tertentu.
·
Command prompts. Jenis bantuan yang
biasanya tampil bila pengguna melakukan kesalahan sederhana misalnya kesalahan
sintaks
·
Context sensitive help. Jenis ini
berbentuk menu based system yang menyediakan bantuan pada menu option.
·
Online tutorial. Mengijinkan user
bekerja melalui aplikasi dasar dengan lingkungan percobaan. User dapat melihat
kemajuan sesuai dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari tutorial
yang dia inginkan. Kebanyakan tutorial online tidak mempunyai bagian
intelligent, karena tidak mempunyai pengetahuan tentang user dan pengalaman
user sebelumnya.
·
Online documentation. Jenis ini
tersedia secara online di internet/ intranet, khususnya untuk aplikasi yang
diproduksi secara massal.
·
Intelligent Help System. Dioperasikan
untuk memonitoring aktifitas user dan mengkonstruksikan model sesuai dengan
user. Model ini termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau kombinasi
dari semuanya.
Komentar
Posting Komentar