MOANA


RESENSI FILM MOANA

Judul: Moana
Sutradara: Ron Clements, John Musker
Penulis Naskah : Ron Clements, John Musker
Produser : Osnat Shurer
Pemeran/Pengisi suara:
1. Moana Waialiki dan Maui: Auli’i Cravalho dan Dwayne Johnson

3. Tui dan Sina: Temeuera Morrison dan Nicole Scherzinger

4. Gramma Tala:  Rachel House

5. Tamatoa: Jemaine Clement

6. Heihei: Alan Tudyk


Musik: Opetaia Foa'i, Mark Mancina, dan Lin-Manuel Miranda.
Sinematografi: Adolph Lusinsky, Rob Dressel
Penyunting: Jeff Draheim
Production House: Walt Disney Animation Studios
Tahun Rilis: 2016
Durasi: 1 jam 47 menit

SINOPSIS
Moana merupakan sebuah film animasi bergenre fantasi yang diproduksi oleh Walt Disney dan disutradarai oleh Ron Clements, John Musker. Film ini menceritakan seorang gadis keturunan dewa bernama Moana yang tinggal disebuah pulau bernama Motunui. Motonui merupakan pulau yang dahulu kala ditinggalkan oleh dewi Te Fiti atau dewi laut. Hingga pada suatu hari jantung yang berbentuk spiral berwarna hijau Te Fiti dicuri oleh seorang manusia setengah dewa yang pada akhirnya jantung tersebut hingga jatuh kelaut pada saat Maui melawan raksasa lava Te Ka .   Moana merupakan putri dari kepala desa Chief Tui dan ibu Sina. Moana merupakan gadis yang ceria, ia sangat senang bermain ditepi pantai akan tetapi karena sebuah kejadian di masa lalu, Chief Tui menjadi cukup trauma sama ganasnya laut dan tidak ingin putrinya, Moana, “ditelan” oleh luasnya lautan. Pada saat remaja Moana diminta oleh kedua orang tuanya sebagai masa depan chief. Moana yang tadinya tidak mengetahui masa kelam desanya pun pada akhirnya ia diceritakan oleh neneknya yang bernama Tala. Sampai suatu hari, jantung berwarna hijau yang sudah lama hilang itu,muncul di laut yang dekat dengan pulau Matunui, tempat tinggal Moana. Moana menemukannya dan ia pun merasa terpanggil untuk menemukan Maui dan memintanya mengembalikan jantung tersebut ke Te Fiti. Moana pergi kelaut bersama pet ayamnya yang bernama HeiHei sampai ia menemukan Maui dan sayangnya ia baru mengetahui bahwa jantung TeFiti telah hilang dari Maui. Maui mencurigakan bahwa jantung tersebut berada pada kepiting raksasa jahat Tamatoa.  Pada akhirnya  Moana, Maui, dan HeiHei pergi ke Lalotai, Realm of Monsters untuk mencari jantung tersebut. Setelah mendapatkannya mereka kembali ke TeFiti sayangnya mereka sampai harus dikejar oleh Te Ka. Maui merelakan dirinya untuk menolong dengan melawan Te Ka, sedangkan Moana meneruskan perjalanan menuju Te Fiti. Dan akhirnya jantung Te Fiti berhasil kembali pada pemiliknya dan desa dipulau Matunui kembali pada kehidupan yang baik.

Kelebihan:
Seperti biasa semua Film  Animasi garapan Diseney memiliki kelebihan pada animasi yang sangat menarik dan serta memasukan musik yang easy listening bagi anak anak maupun orang dewasa. Film Moana sendiri ini pun memiliki cerita yang cukup menarik dan visual karakter karakternya pun cukup menarik perhatian. 

Kekurangan:
Cerita Moana ini menurut saya memiliki kekurangan dimana ceritanya sama dengan karya Diseney lainnya, yang menceritakan tentang petualangan petualangan saja. Kurang memberikan kesan yang dalam di ceritanya.

Film Moana ini pun memiliki pesan moral, yaitu keberanian dan ketangguhan seorang gadis yang mengorbankan kenyamanannya untuk menyelamatkan rakyatnya yang menderita.


Komentar

Postingan Populer